Pages

Senin, 10 Oktober 2011

BEKERJA DALAM KELOMPOK

KELOMPOK KERJA. Pada kenyataannya hanya sedikit karya besar di muka bumi ini yang dapat dikerjakan oleh hanya seorang manusia saja. Hampir segala sesuatu hanya dapat dikerjakan dengan hasil yang gemilang apabila pekerjaan itu merupakan kontribusi sejumlah orang yang bekerja bersama-sama. Tidak terkecuali kita … Suatu organisasi dimana mitra kerja terbagi dalam kelompok-kelompok kerja, bukan berati memisahkannya secara mutlak. Akan tetapi selalu ada keterkaitan diantaranya. Jadi, tanggungjawab dalam mencapai organisasi itu tidak dipikul oleh seseorang atau suatu kelompok saja melainkan juga melibatkan pribadi yang lain dari kelompok yang berbeda.

SUMBANGAN PEMIKIRAN. Suatu gagasan yang sukses seringkali dilahirkan dari mitra kerja dengan minat yang sama dan mendiskusikannya dengan mitra kerja dari kelompok yang lain yang mempunyai cara dan wawasan yang berbeda. Kerja kelompok tidak harus selalu memaksakan kehendak pribadi akan tetapi harus juga mengacu pada pemikiran bersama sebagai suatu kesatuan yang utuh. Perbedaan pendapat akan memperkaya wawasan dan akan melahirkan suatu bentuk kerja baru bersama mitra kerja yang lain dengan karakter-karakter yang berlainan.

PERSAINGAN. Keinginan untuk meningkatkan prestasi dan berkarya dari mitra kerja berkaitan erat dengan persaingan-persiangan laten. Perasaan ini tidak hanya ada diantara kelompok-kelompok kerja yang berbeda, melainkan juga ada pada setiap mitra kerja sebagai pribadi dalam suatu kelompok yang sama. Persaingan tidak harus dimatikan, karena hal ini justru akan memusnahkan ambisi berkarya dan berprestasi. Menumbuhkan persaingan yang jujur dan adil dalam suatu kelompok akan memacu kreativitas dan prestasi bagi setiap mitra kerja.


KEEP THE TEAM WORK ON THE JOB LIKE PLAYING FOOTBAL, setiap pemain saling memberikan umpan dan bekerja sama untuk menciptakan gol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar